Connect with us

Viral, Seorang Pemudik Buang Sampah Ke Sungai Di Cianjur Jadi Cibiran

Foto tangkapan layar

Seputar Cianjur

Viral, Seorang Pemudik Buang Sampah Ke Sungai Di Cianjur Jadi Cibiran

Sungguh ironis disaat wilayah Cianjur menjadi darurat sampah, karena masalah tempat pembuangan akhir

SPILLS.CO.ID, Cianjur – Beredar sebuah video tak terpuji tingkah seorang penumpang mobil di tengah kemacetan di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Penumpang pria tersebut terlihat membuang sampah ke sungai, Sabtu (13/4/2024).

Berdasarkan video yang saat ini viral, tampak mobil putih bernomor polisi F 1211 YG itu tengah terjebak kemacetan di jalur Cianjur-Puncak.

Namun tiba-tiba seorang pria berjaket hitam turun seraya membawa sampah plastik di kedua tangannya.

Pria itu sendiri ternyata membuang sampah ke Sungai Cikundul yang berada tepat di bawah jembatan pada saat mobil itu terjebak macet. Pria itu pun langsung berlari kembali masuk ke dalam mobil.

“Kejadiannya jam 13.00 WIB. Jalan memang sedang macet karena kan oneway. Mobil putih itu ada di depan saya,” ujar Firman (32), salah seorang pengendara, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Firman, awalnya penumpang di jok depan membuang sampah sembarangan dengan melemparkannya dari dalam mobil ke luar.

“Yang pertama tidak tervideokan. Kalau yang pertama itu dilempar dari dalam mobil ke sungai. Yang berhasil divideokan itu yang kedua. Jadi penumpang di dalam mobil itu dua kali buang sampah ke sungai. Kedua kalinya sampai turun dan berlari ke tepi jembatan kemudian buang sampah plastik ke sungai,” jelasnya.

Dirinyapun sempat mengingatkan agar pria tersebut tidak membuang sampah ke sungai dengan cara membunyikan klakson mobilnya.”Yang kedua kali juga saya klaksonin, tapi tetap saja ngeyel,” kata dia.

Pengendara asal Sukabumi itu menuturkan jika aksi buang sampah tersebut dapat mencemari lingkungan. “Kan bisa disimpan dulu dalam mobil, terus dibuang ketika Nemu tempat sampah. Kan merusak lingkungan dengan buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur Komarudin, mengaku sangat menyangkan aksi buang sampah sembarangan yang dilakukan oleh penumpang mobil tersebut.

“Kami tentu sangat menyayangkan, apalagi kan penumpang ini dari mobil plat F yang kemungkinan kode plat nomor Cianjur. Tapi tidak menjaga lingkungannya sendiri,” terangnya.

Komarudin menyebut aksinya akan sangat berdampak pada lingkungan, terlebih di tengah musim hujan. Selain itu Cianjur juga saat ini tengah dihadapkan dengan masalah sampah.

“Kita saat ini masih dihadapkan pada masalah sampah, dengan pemindahan TPAS sehingga masih berupaya agar pengangkutannya normal. Tapi di sisi lain ada yang tidak peduli dengan sampah dan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Dan aksi buang sampah ke sungai itu dapat menyebabkan banjir ke depannya, karena aliran air dapat tersumbat oleh sampah yang menumpuk,” tutupnya.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Seputar Cianjur

To Top