Connect with us

Bencana Pergerakan Tanah, BPBD Cianjur Tetapkan Status TDB

Foto Riskitampan

Seputar Cianjur

Bencana Pergerakan Tanah, BPBD Cianjur Tetapkan Status TDB

Penetapan status TBD dikarenakan banyaknya Rumah yang terdampak dan adanya para Pengungsi.

SPILLS.CO.ID, Cianjur – Bencara “pergerakan tanah” yang melanda Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ditetapkan berstatus Tanggap Darurat Bencana (TDB) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Sukmana Wijaya, penetapan status TBD tersebut dikarenakan banyaknya Rumah yang terdampak dan adanya para Pengungsi.

“Hingga saat ini rumah yang terdampak totalnya 61 rumah ditambah 2 masjid. Total keluarga yang mengungsi ada 67 keluarga. Mereka mengungsi di rumah kerabatnya dan tidak ada pengungsian khusus, namun karena ada yang mengungsi kita tetapkan status tanggap darurat,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (2/5/2024).

Saat ini, pihaknya menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari. Namun jika pergerakan tanah masih terus terjadi status tanggap darurat di perpanjang.”Kita lihat situasi di lokasi. Apakah masih ada pergerakan tanah atau tidak. Kita juga buat pos pantau untuk mengukur retakan setiap harinya,” ucapnya.

Kata Asep, pihaknya juga masih menunggu kajian dari berbagai pihak untuk memastikan apakah pemukiman tersebut harus direlokasi atau tidak.

“Kita masih tunggu kajian, apakah harus direlokasi atau masih bisa dijadikan tempat tinggal lokasi tersebut. Kalau memang harus relokasi kita akan segera cari lahan pengganti untuk pemukiman penduduk yang aman,” jelasnya.

Asep juga meminta agar warga kembali menanam pepohonan berakar kuat untuk mencegah terjadinya pergerakan tanah. Pasalnya bencana pergerakan tanah tersebut terjadi diduga disebabkan alih fungsi lahan untuk perkebunan pisang.

“Di sana ada alih fungsi lahan, asalnya hutan jadi lahan pertanian pisang. Makanya kita minta untuk ada pohon besar dan berakar kuat juga,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, bencana pergerakan tanah melanda Kampung Sukajadi dan Kampung Pasircinde, Desa Jatisari Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (25/4/2024) malam. Akibatnya, tiga rumah ambruk dan puluhan lainnya rusak.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Seputar Cianjur

To Top